SURGA itu seperti Perpustakaan yang sangat besar.

HP 081265748769

HP 081265748769

22.10.15

Tips Bagi Orang Tua yang Memiliki Anak Berbakat

Oleh: Setiadi R. Saleh

Tulisan ini tidak ada maksud menggurui apalagi merasa benar sendiri. Melainkan ingin berbagi saja tentang informasi seputar anak berbakat.

Saya punya dua anak, keduanya memiliki sifat berbeda. Si abang senang kepada prakarya, seni, menggambar, origami, dan clay. Sedangkan adiknya senang kepada sains, ilmu pasti, dan matematika.

Saya tau anak2 saya memiliki bakat besar di bidangnya masing-masing. Dan saya tau sekolah tidak akan bisa menampung bakat besar mereka. Saya dan istri sepakat tidak akan menekan anak agar berprestasi di sekolah dan harus juara 1. Tidak! Tetapi, di rumah anak mendapatkan pendidikan kualitas terbaik dari kedua orangtuanya. Sekolah bagi kami yang penting anak hepi. Tidak stress ketika berangkat ke sekolah dan menerima pelajaran di kelas.

Saya suka membaca dan menulis. Istri saya senang memasak dan belajar banyak bahasa walaupun  tidak mahir. Kami keluarga sederhana dan merasa cukup dengan apa yang ada. Anak-anak kami didik, ajar, dan latih dengan prinsip SANUBARI (Sarana Anak untuk Belajar Mandiri). Selain itu harus cermat dan adil kepada anak.

1. Di rumah kami tidak menyediakan games android/laptop dan sejenisnya. Anak-anak bermain dengan mainan apa yang ada dan membuat cerita sendiri dengan mainannya yang sangat sederhana.
2. Perasaan anak tidak abadi, jadi kami tidak menjadi juri bagi perasaan anak.
3. Teriakan dibalas teriakan. Anak-anak suka berteriak, jadi kalau orangtua memberi perintah dengan teriakan, anak akan membalas dengan teriakan. Boleh berteriak tetapi tegas pesannya sehingga anak akan mendengarnya dengan jelas.
4. Anak menyukai banyak hal sementara orangtua cenderung lelah dengan urusannya masing-masing.
5. Orangtua pun tak tahan "kesepian", begitupun dengan anak.
6. Kami berusaha mendidik, mengajar, dan melatih anak agar tidak banyak nyuruh, banyak ngeluh, banyak aduh. Makan dengan apa yang ada. Jika siang ini makan dengan garam sekalipun. Sore/malam hari nanti pasti berbeda. Merasa cukup dgn apa yang ada.
7. Bakat anak bisa dilatih. Jika Anda melihat tidak ada satu pun bakat anak. Sering-seringlah bawa ia bermain, jalan-jalan ke luar, asal jangan terlalu sering ke mall.
8. Buku pegangan saya adalah "MERANCANG MASA DEPAN SI BUAH HATI"

sementara itu dulu