SURGA itu seperti Perpustakaan yang sangat besar.

HP 081265748769

HP 081265748769

23.11.10

Tafsir Ayat-ayat Kematian—Alamah Thabathaba'I

Buku ini membahas risalah manusia sebelum ke dunia, ketika di dunia, dan saat berangkat pulang meninggalkan dunia. Dari semua itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa manusia dengan seluruh karakteristik diri, sifat, dan perbuatannya, ada di alam ide (mitsal) tanpa aktualisasi sifat-sifatnya yang tercela, perbuatan-perbuatan jahatnya, faktor-faktor kekurangannya, dan aspek-aspek ketiadaannya. Ia ada di sana dalam kehidupan yang sangat berbahagia dan menyenangkan di tengah kelompok orang-orang yang suci dari barisan para malaikat yang disucikan, dalam keadaan senang dengan apa yang disaksikannya berupa cahaya Tuhannya, cahaya dirinya, dan kilauan ufuknya; menikmati persahabatan dan keakraban dengan orang-orang baik. Dia sana ia tidak tersentuh keletihan dan kelelahan, tidak ternodai oleh kotoran-kotoran kekurangan dan aib, tidak ada penghalang di antara dia dan segala yang diinginkannya, tidak ada sakit dan kejemuan yang menimpanya.

Allah SWT membedakan antara khalaq dan amr. Oleh karena itu, kita tahu bahwa khalaq bukan amr. Dan amr itu bukanlah semata-mata merupakan pengaruh substansi benda-benda maujud, sehingga substansi dikhususkan bagi wilayah khalaq, sementara pengaruh substansi dikhususkan bagi wilayah amr. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT:

Katakanlah, "Ruh itu adalah amr Tuhan-Ku..." (QS 17:85)

Karena buku ini bertajuk universal dan menunjukkan banyak hal tentang tafsir ayat-ayat kematian, maka ia disusun dari hal-hal yang konkret. Allah SWT telah memberitahukan bahwa untuk mempelajari tafsir yang tidak terbatas manusia perlu menenteramkan hatinya terlebih dahulu supaya mengerti dan sampai kepada pemahaman tentang segala sesuatu, termasuk memahami buku ini.

ISBN: 978-979-1096-99-7
Alamah Thabathaba'I
Ukuran : 13,5 x 23,5 cm, 220 hlm.
Harga buku Rp. 49.000,-