SURGA itu seperti Perpustakaan yang sangat besar.

HP 081265748769

HP 081265748769

11.11.11

Profil Penerbit Kanisius





Sekilas Sejarah
26 Januari 1922, sebuah percetakan bernama Canisius Drukkerij didirikan di Yogyakarta sebagai sebuah karya misi. Percetakan ini membantu menyediakan buku-buku pelajaran bagi sekolah kaum pribumi serta buku-buku doa bagi Gereja Katholik di Indonesia.
Sekitar 1928, Canisius Drukkerij mencetak beberapa majalah pergerakan, seperti Tamtama Dalem dan Swaratama yang memberi kontribusi penting dalam perjuangan kaum muda di Indonesia untuk meraih kemerdekaan.


Di awal kemerdekaan, Pemerintah Indonesia mempercayai Percetakan Kanisius untuk mencetak ORI, Oeang Republik Indonesia. Itulah pertama kalinya ORI dicetak dan diedarkan sebagai alat perjuangan mempertahankan kemerdekaan setelah proklamasi 17 Agustus 1945.
Setelah penyerahan kedaulatan Republik Indonesia, Indonesia memasuki era baru: "Proses Indonesianisasi". Percetakan Kanisius, memberikan kontribusi dalam Proses Indonesianisasi, dengan menerbitkan buku-buku pelajaran berbahasa Indonesia. Sejak saat itu, karya Kanisius bukan hanya percetakan, melainkan juga penerbitan.
Memasuki tahun 1970-an, Penerbit dan Percetakan Kanisius dikelola dalam kerja sama harmonis antara Pastor Jesuit dan awam. Pada periode ini, terjadi begitu banyak langkah modernisasi, pengembangan Sumber Daya Manusia, dan kemandirian finansial.
Pada pertengahan 1990-an, kami memperluas bidang layanan hingga ke jenis produk majalah dan multimedia. Kini, setelah hampir 85 tahun berkarya, kami tetap komit untuk menghadirkan produk-produk media, yang diharapkan mampu memberikan pencerahan dan memberdayakan manusia, membangkitkan sensititivitas manusia terhadap kondisi di sekitarnya.


Visi dan Misi
Visi : Melibatkan diri pada pembangunan bangsa dalam persaudaraan sejati, demi memperjuangkan keutuhan manusia dan ciptaan.
Misi : Dengan jiwa kristiani, Penerbit-Percetakan Kanisius, dalam konteks budaya yang berkembang, menyediakan multi media demi pemberdayaan masyarakat, engan mutu kinerja dan hasil yang terpercaya, mengutamakan relasi dalam hubungan etis dan saling menguntungkan, didukung semangat kerjasama, penghargaan dan pengembangan sumber daya manusia, sarana-prasarana dan keuangan sesuai tuntutan usaha profesional.


Bidang Perhatian Penerbitan
Membangun Kualitas Bangsa adalah motto yang senantiasa menyemangati kami dalam karya. Sebagai bagian dari lembaga non-profit Yayasan Kanisius, orientasi karya penerbitan kami bukanlah terutama pada sisi komersial, sekalipun kamiharus mampu mengelola kemampuan profit. Kami menerbitkan berbagai media (buku, multimedia, dan majalah) yang memberikan manfaat pencerahan bagi banyak orang, sekaligus mampu menjaga keberlangsungan kami dalam karya.
Di tengah dinamika masyarakat Indonesia yang beragam, kami memilih untuk menerbitkan produk media yang memotivasi dan memberdayakan manusia untuk aktualisasi diri secara optimal, mandiri, dan bertanggung jawab, dalam berbagai aspek kehidupan.
Buku-Buku


Buku-buku terbitan kami, secara umum dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kelompok besar: Pendidikan, Kemasyarakatan-Sosial/humaniora, dan Gerejawi
Kategori Buku-buku Pendidikan, meliputi buku-buku teks untuk sekolah dan perguruan tinggi, baik formal maupuninformal. Selain buku-buku teks, kami juga menerbitkan buku-buku inspirasi pendidikan yang memotivasi orang untuk menerapkan pendekatan alternatif yang kreatif dan menyenangkan.
Kategori Buku-buku Kemasyarakatan-Sosial/humaniora, meliputi buku-buku referensi di bidang pertanian-peternakan, teknologi tepat guna, hobbies, kepribadian, psikologi populer, kesehatan, hingga buku-buku referensi sosial, ekonomi, budaya, dan filsafat.
Kategori Buku-buku Gerejawi, meliputi buku-buku doa, liturgi, inspirasional, kitab suci, teks teologi, spiritualitas, hingga sejarah gereja.
Kami telah menerbitkan lebih dari 5000 judul buku dan sekitar 3000 judul aktif di pasar. Dalam dekade terakhir, kami menerbitkan rata-rata 400 judul buku baru dan mencetak ulang rata-rata 800 judul per tahun.
Multimedia


enanggapi perkembangan zaman dan teknologi informasi, kami juga memproduksi sarana multimedia, seperti kaset audio, VCD interaktif, kartu-kartu ucapan, poster, alat bantu mengajar, dan berbagai alat permainan edukatif yang terekomendasi, baik secara nasional maupun internasional.
Majalah


Sejak awal 2000, kami mengelola tiga majalah Jesuit: Basis, majalah analisis sosial dan budaya bagi kaum intelektual, Utusan, majalah spiritual untuk kaum awam, dan Rohani, majalah spiritual bagi kaum religius.
Kerjasama dengan penerbit asing


Untuk menyediakan produk buku maupun multimedia yang berkualitas, kami menjalin kerja sama yang intensif dengan penerbit-penerbit asing kenamaan, seperti Auralog, Finken-Verlag, Cambridge University Press, dan banyak penerbit lain.
Pemasaran dan Distribusi


Produk kami tersebar ke seluruh penjuru Nusantara, dan beberapa kota besar di luar negeri. Agen dan toko buku merupakan mitra distribusi yang terpercaya. Namun demikian, untuk semakin dekat dengan konsumen, dihadirkan pula beberapa kantor pemasaran Kanisius di kota-kota besar di Indonesia: Jakarta, Bandung, Surabaya, Palembang,dan Denpasar.
Kanisius Reading Community


Sebuah komunitas pecinta buku Kanisius bernama Kanisius Reading Community, dibentuk pada 1997. Sebagai pelanggan setia Penerbit-Percetakan Kanisius, anggota Kanisius Reading Community (KRC) bisa menikmati pelayanan dan diskon khusus. Hingga kini, tercatat lebih dari 6.000 anggota KRC, aktif memanfaatkan layanan Kanisius.
Taman Komunikasi Kanisius


Sebuah gedung, lengkap dengan sarana auditorium, showroom, dan halaman hijau yang luas dan teduh, disediakan untuk berkembangnya komunikasi dengan banyak pihak. Sejak 1992, Taman Komunikasi Kanisius, telah menjalankan peran sebagai sebuah ruang publik yang nyaman bagi masyarakat. Taman Komunikasi Kanisius, merupakan jembatan komunikasi dengan berbagai pihak, berbagai kalangan, segala usia, tanpa pandang sekat-sekat perbedaan dalam masyarakat.

Jaringan Kemitraan

Menghasilkan produk yang relevan dan berkualitas saja tidaklah cukup. Kami secara intensif mengembangkan jaringan kemitraan, lewat berbagai asosiasi, terutama yang berhubungan dengan bidang komunikasi dan pengembangan profesionalisme. Penerbit-Percetakan Kanisius berpartisipasi aktif dalam IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia), Seksama (Sekretariat Bersama Penerbit Katolik), PLKI (Persekutuan Literatur Kristen Indonesia), AYUB (Asosiasi Yayasan untuk Bangsa), dan WACC (World Association for Christian Communication).


Layanan percetakan kami telah tumbuh dan berkembang melewati zaman. Konsumen mengenal proses cetak kami sebagai proses yang menghasilkan kualitas cetak terpercaya selama bertahun-tahun. Demi menjamin kualitas layanan, kami senantiasa memperbarui teknologi percetakan. Kini, layanan kami dilengkapi dengan mesin-mesin pracetak modern, mesin cetak offset empat warna, dan mesin cetak digital modern.
Pengelolaan Lingkungan

Memelihara dan merawat lingkungan merupakan bagian dari komitmen kami. Itulah sebabnya, kami selalu menjaga keberlangsungan alam yang bersih dan indah dengan mengelola limbah secara baik. Secara periodik, kami mengontrol kualitas limbah cair yang telah kami olah secara kimiawi hingga tidak lagi membahayakan.
Pohon-pohon hijau dan rerumputan di seluruh lingkungan kantor kami, merupakan salah satu bukti dan perwujudan komitman kami untuk memelihara lingkungan.


© 2011 Penerbit Percetakan Kanisius 
Kanisius Office : 
Jl. Cempaka 9, Deresan
Yogyakarta 55281 
INDONESIA
Phone: +62 274588783, +62274565996
Fax: +62 274563349